MANAJEMEN SEKOLAH
Nama : Ulfa Handaliyani
Nim : 11901123
Kelas : PAI 4A
ASSALAMUALAIKUM WAROHMATULLAHI WABARAKATUH.
Manajemen
sekolah
Sekolah merupakan salah
satu wadah pendidikan yang sangat penting dalam mementukan kualitas peserta
didik.Dengan didirikannya sekolah peserta didik dapat belajar, bersosialisasi,
mengembangkan pengetahuan dan keterampilannya.Manajemen sekolah akan efektif
dan efisien apabila didukung sumber daya manusia yang profesional.
Untuk mengoperasionalkan
sekolah,kurikulum yang sesuai dengan tingkat perkembangan dan karekteristik
siswa, kemampuan dan tanggung jawab, terhadap tugas, tenaga pendidikan yang
handal, sarana prasarana yang memadai untuk mendukung kegiatan belajar
mengajar, dana yang cukup untuk menggaji staf sesuai dengan fungsinya, serta
partisipasi masyarakat yang tinggi. Bila salah satu hal diatas tidak sesuai
dengan hal yang diharapkan atau tidak berfungsi sebagaimana mestinya maka
efektifitas dan efisiensi pengelolaan sekolah kurang optimal.
Istilah manajemen
memiliki banyak arti, antara lain manajemen adalah proses untuk mencapai
tujuan-tujuan organisasi dengan melakukan kegiatan dari 4 fungsi utama yaitu
merencanakan (planning), mengorganisasi (organizing), memimpin (leading), dan
mengendalikan (controlling), dengan demikian manajemen adalah sebuah kegiatan
yang berkesinambungan
Manajemen
sekolah dapat diartikan sebagai infrastruktur sekolah atau perajuran, penataan sekolah
atau pengelolaan
sumber daya yang dimiliki oleh sekolah atau organisasi yang diantaranya.
Yang mana
sistem
tata kelola yang diterapkan disekolah secara efektif dan efisien untuk mencapai
tujuan, misalkan: pendidikan yang baik, prestasi yang meningkat, peningkatan
sarana dan prasarana.
Manajemen Sekolah merupakan
suatu kegiatan yang dilakukan secara efektif dan efisien untuk meningkatkan
kinerja sekolah dalam pencapaian tujuan pendidikan baik tujuan nasional dan
tujuan kelembagaan yang hasilnya bisa dilihat dari beberapa faktor sebagai
indikator kinerja yang berhasil dicapai oleh sekolah.
A. Konsep
Manajamen sekolah yaitu diantaranya :
1. Manajemen kurikulum
Manajemen kurikulum merupakan subtansi
manajemen yang utama di sekolah. Tahapan manajemen kurikulum di sekolah
dilakukan melalui empat tahap : (a) perencanaan; (b) pengorganisasian dan
koordinasi; (c) pelaksanaan; dan (d) pengendalian.
2. Manajemen Kesiswaan
Dalam manajemen kesiswaan terdapat empat
prinsip dasar, yaitu : (a) siswa harus diperlakukan sebagai subyek dan bukan
obyek, sehingga harus didorong untuk berperan serta dalam setiap perencanaan
dan pengambilan keputusan yang terkait dengan kegiatan mereka; (b) kondisi
siswa sangat beragam, ditinjau dari kondisi fisik, kemampuan intelektual,
sosial ekonomi, minat dan seterusnya. Oleh karena itu diperlukan wahana
kegiatan yang beragam, sehingga setiap siswa memiliki wahana untuk berkembang
secara optimal; (c) siswa hanya termotivasi belajar, jika mereka menyenangi apa
yang diajarkan; dan (d) pengembangan potensi siswa tidak hanya menyangkut ranah
kognitif, tetapi juga ranah afektif, dan psikomotor.
3. Manajemen
personalia
Terdapat empat prinsip dasar manajemen
personalia yaitu : (a) dalam mengembangkan sekolah, sumber daya manusia adalah
komponen paling berharga; (b) sumber daya manusia akan berperan secara optimal
jika dikelola dengan baik, sehingga mendukung tujuan institusional; (c) kultur
dan suasana organisasi di sekolah, serta perilaku manajerial sekolah sangat
berpengaruh terhadap pencapaian tujuan pengembangan sekolah; dan (d) manajemen
personalia di sekolah pada prinsipnya mengupayakan agar setiap warga dapat bekerja
sama dan saling mendukung untuk mencapai tujuan sekolah.
4. Manajemen
keuangan
Manajemen keuangan di sekolah terutama
berkenaan dengan kiat sekolah dalam menggali dana, kiat sekolah dalam mengelola
dana, pengelolaan keuangan dikaitkan dengan program tahunan sekolah, cara
mengadministrasikan dana sekolah, dan cara melakukan pengawasan, pengendalian
serta pemeriksaan.
5. . Manajemen perawatan preventif sarana dan
prasana sekolah
Manajemen perawatan preventif sarana dan
prasana sekolah merupakan tindakan yang dilakukan secara periodik dan terencana
untuk merawat fasilitas fisik, seperti gedung, mebeler, dan peralatan sekolah
lainnya, dengan tujuan untuk meningkatkan kinerja, memperpanjang usia pakai,
menurunkan biaya perbaikan dan menetapkan biaya efektif perawatan sarana dan
pra sarana sekolah.
B. Manajemen
sekolah mempunyai fungsi yaitu untuk mengoptimakal atau memaksimalkan kemampuan
menyusun rencana sekolah dan rencana anggaran. Pengelolaan sekolah yaitu perencanaan,
pengorganisasian, penggerakan, pengarahan, dan pengawasan, dalam konteks legiatan
satuan sekolah.
C. Manfaat
dan tujuan Manajamen sekolah yaitu
1.
Terwujudnya suasana belajar dan proses pembelajaran yang Aktif,
Kreatif, Efektif, Menyenangkan.
2.
Terciptanya peserta didik yang aktif mengembangkan potensi
dirinya untuk memiliki kekuatan spiritual keagamaan, pengendalian diri,
kepribadian, kecerdasan, akhlak mulia, serta keterampilan yang diperlukan
dirinya, masyarakat, bangsa, dan negara.
3.
Terpenuhinya salah satu dari 5 kompetensi tenaga kependidikan.
4.
Tercapainya tujuan pendidikan secara efektif dan efesien;
5.
Terbekalinya tenaga kependidikan dengan teori tentan proses dan
tugas administrasi pendidikan.
6.
Teratasinya masalah mutu pendidikan karena 80% masalah mutu
disebabkan oleh manajemennya.
7.
Terciptanya perencanaan pendidikan yang merata, bermutu,
relevan, dan akuntabel.
Sekian
materi mengenai materi Manajemen sekolah. Wassalamualaikum Warohmatullahi wabarakatuh
Komentar
Posting Komentar