MANAJEMEN SEKOLAH

Nama : Ulfa Handaliyani 

Nim    : 11901123

Kelas  : PAI 4A

ASSALAMUALAIKUM WAROHMATULLAHI WABARAKATUH. 

Manajemen sekolah

Sekolah merupakan salah satu wadah pendidikan yang sangat penting dalam mementukan kualitas peserta didik.Dengan didirikannya sekolah peserta didik dapat belajar, bersosialisasi, mengembangkan pengetahuan dan keterampilannya.Manajemen sekolah akan efektif dan efisien apabila didukung sumber daya manusia yang profesional.

Untuk mengoperasionalkan sekolah,kurikulum yang sesuai dengan tingkat perkembangan dan karekteristik siswa, kemampuan dan tanggung jawab, terhadap tugas, tenaga pendidikan yang handal, sarana prasarana yang memadai untuk mendukung kegiatan belajar mengajar, dana yang cukup untuk menggaji staf sesuai dengan fungsinya, serta partisipasi masyarakat yang tinggi. Bila salah satu hal diatas tidak sesuai dengan hal yang diharapkan atau tidak berfungsi sebagaimana mestinya maka efektifitas dan efisiensi pengelolaan sekolah kurang optimal.

Istilah manajemen memiliki banyak arti, antara lain manajemen adalah proses untuk mencapai tujuan-tujuan organisasi dengan melakukan kegiatan dari 4 fungsi utama yaitu merencanakan (planning), mengorganisasi (organizing), memimpin (leading), dan mengendalikan (controlling), dengan demikian manajemen adalah sebuah kegiatan yang berkesinambungan

Manajemen sekolah dapat diartikan sebagai infrastruktur sekolah atau perajuran, penataan sekolah atau  pengelolaan sumber daya yang dimiliki oleh sekolah atau organisasi yang diantaranya.

Yang mana sistem tata kelola yang diterapkan disekolah secara efektif dan efisien untuk mencapai tujuan, misalkan: pendidikan yang baik, prestasi yang meningkat, peningkatan sarana dan prasarana.

Manajemen Sekolah merupakan suatu kegiatan yang dilakukan secara efektif dan efisien untuk meningkatkan kinerja sekolah dalam pencapaian tujuan pendidikan baik tujuan nasional dan tujuan kelembagaan yang hasilnya bisa dilihat dari beberapa faktor sebagai indikator kinerja yang berhasil dicapai oleh sekolah.

 

A. Konsep Manajamen sekolah yaitu diantaranya :

1. Manajemen kurikulum

Manajemen kurikulum merupakan subtansi manajemen yang utama di sekolah. Tahapan manajemen kurikulum di sekolah dilakukan melalui empat tahap : (a) perencanaan; (b) pengorganisasian dan koordinasi; (c) pelaksanaan; dan (d) pengendalian.

2. Manajemen Kesiswaan

Dalam manajemen kesiswaan terdapat empat prinsip dasar, yaitu : (a) siswa harus diperlakukan sebagai subyek dan bukan obyek, sehingga harus didorong untuk berperan serta dalam setiap perencanaan dan pengambilan keputusan yang terkait dengan kegiatan mereka; (b) kondisi siswa sangat beragam, ditinjau dari kondisi fisik, kemampuan intelektual, sosial ekonomi, minat dan seterusnya. Oleh karena itu diperlukan wahana kegiatan yang beragam, sehingga setiap siswa memiliki wahana untuk berkembang secara optimal; (c) siswa hanya termotivasi belajar, jika mereka menyenangi apa yang diajarkan; dan (d) pengembangan potensi siswa tidak hanya menyangkut ranah kognitif, tetapi juga ranah afektif, dan psikomotor.

3. Manajemen personalia

Terdapat empat prinsip dasar manajemen personalia yaitu : (a) dalam mengembangkan sekolah, sumber daya manusia adalah komponen paling berharga; (b) sumber daya manusia akan berperan secara optimal jika dikelola dengan baik, sehingga mendukung tujuan institusional; (c) kultur dan suasana organisasi di sekolah, serta perilaku manajerial sekolah sangat berpengaruh terhadap pencapaian tujuan pengembangan sekolah; dan (d) manajemen personalia di sekolah pada prinsipnya mengupayakan agar setiap warga dapat bekerja sama dan saling mendukung untuk mencapai tujuan sekolah.

4. Manajemen keuangan

Manajemen keuangan di sekolah terutama berkenaan dengan kiat sekolah dalam menggali dana, kiat sekolah dalam mengelola dana, pengelolaan keuangan dikaitkan dengan program tahunan sekolah, cara mengadministrasikan dana sekolah, dan cara melakukan pengawasan, pengendalian serta pemeriksaan.

5. . Manajemen perawatan preventif sarana dan prasana sekolah

Manajemen perawatan preventif sarana dan prasana sekolah merupakan tindakan yang dilakukan secara periodik dan terencana untuk merawat fasilitas fisik, seperti gedung, mebeler, dan peralatan sekolah lainnya, dengan tujuan untuk meningkatkan kinerja, memperpanjang usia pakai, menurunkan biaya perbaikan dan menetapkan biaya efektif perawatan sarana dan pra sarana sekolah.

 

B. Manajemen sekolah mempunyai fungsi yaitu untuk mengoptimakal atau memaksimalkan kemampuan menyusun rencana sekolah dan rencana anggaran. Pengelolaan sekolah yaitu perencanaan, pengorganisasian, penggerakan, pengarahan, dan pengawasan, dalam konteks legiatan satuan sekolah.

 

C. Manfaat dan tujuan Manajamen sekolah yaitu

1.     Terwujudnya suasana belajar dan proses pembelajaran yang Aktif, Kreatif, Efektif, Menyenangkan.

2.     Terciptanya peserta didik yang aktif mengembangkan potensi dirinya untuk memiliki kekuatan spiritual keagamaan, pengendalian diri, kepribadian, kecerdasan, akhlak mulia, serta keterampilan yang diperlukan dirinya, masyarakat, bangsa, dan negara.

3.     Terpenuhinya salah satu dari 5 kompetensi tenaga kependidikan.

4.     Tercapainya tujuan pendidikan secara efektif dan efesien;

5.     Terbekalinya tenaga kependidikan dengan teori tentan proses dan tugas administrasi pendidikan.

6.     Teratasinya masalah mutu pendidikan karena 80% masalah mutu disebabkan oleh manajemennya.

7.     Terciptanya perencanaan pendidikan yang merata, bermutu, relevan, dan akuntabel.

 

Sekian materi mengenai materi Manajemen  sekolah. Wassalamualaikum Warohmatullahi wabarakatuh 

Komentar